Sabtu, 30 Januari 2016


Am sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb)

Am sebagai kata kerja bantu digunakan untuk membentuk kalimat bermakna sedang berlangsung/sedang dikerjakan (continuous) dan kalimat bermakna pasif (passive). Ciri kalimat bermakna sedang berlangsung adalah kata kerja yang dirangkai dengan am berbentuk verb + -ing (present participle). Sementara kalimat bermakna pasif dicirikan dengan kata kerja bentuk ke tiga (V3) yang berbunyi di/ter/ke….. an baik regular maupun irregular verbs.

      Dalam kalimat bermakna sedang berlangsung (continuous)
     
      Dalam kalimat positif
      Contoh: I am looking into my proposal at this moment.
                   Saya sedang memeriksa proposal saya pada saat ini.
      Dalam kalimat menyangkal
      Contoh: I am not talking about her mistakes right now.
                    Saya tidak sedang membicarakan kesalahannya saat ini.
      Dalam kalimat pertanyaan
      Contoh: Am I fancying her at present?
                   Apakah saya sedang menghayalkannya pada saat ini?
      Dalam kalimat pertanyaan menyangkal
      Contoh: Am I not washing my motor?
                    Apakah saya tidak sedang mencuci motor saya?

            Dalam kalimat bermakna pasif (past participle)

                  Dalam kalimat positif
                  Contoh:  I’m frightened.
                                Saya ketakutan.
                  Dalam kalimat menyangkal
Contoh: I’m not bored.  
              Saya tidak bosan.       
Dalam kalimat pertanyaan
Contoh: Am I interested?
              Apakah saya tertarik?

Tidak ada komentar: