Rabu, 27 Januari 2016


           Menggunakan AM

           Am sebagai kata kerja penuh (full-verb)

Am sebagai kata kerja penuh digunakan untuk menghubungkan subjek dengan sebuah pelengkap dalam simple present. Dalam hal ini noun atau noun phrase, adjective atau adjective phrase, adverb, preposional phrase, gerund, clause dan juga to infinitive menjadi pelengkap subjek (subjective complement/predicate nominative). Pasangan am adalah subjek atau pronoun I (kata ganti orang pertama tunggal), sehingga menjadi “I am/I’m”. Prinsip penggunaannya adalah untuk mengindikasikan sebuah keadaan, profesi dan keberadaan.  

            1)   Dengan pelengkap kata benda/frasa kata benda (noun phrase)

      Dalam kalimat positif.
      Contoh: I am a new commander in chief.
                   S                          P
               Saya adalah seorang panglima yang baru.

            Keterangan:
            S = subjek
            P = pelengkap

Pronoun I adalah subjek. Am adalah be atau kata kerja bantu yang merangkaikan antara “I” dengan frasa kata benda “a new commander in chiefyang menjadi pelengkap subjek (subject complement).

Dalam kalimat menyangkal harus menambahkan kata not sesudah be. Sehingga susunannya adalah:

            Contoh: I am not a new designer.
                      Saya bukanlah desainer yang baru.

Dalam kalimat pertanyaan caranya dengan memindahkan be ke awal kalimat.

Contoh: Am I an entrepreneurship?
             Apakah saya seorang wirausahawan?

Dalam kalimat pertanyaan menyangkal kita hanya memindahkan be ke awal kalimat dan menambahkan kata not sesudah be.

Contoh: Are not I an entrepreneurship? Atau boleh juga dengan
             Am I not a designer?

      Kata I am bisa disingkat menjadi ( I’m )

            2)   Dengan pelengkap kata sifat/frasa kata sifat (adjective)

Dalam kalimat positif.
Contoh: I am always healthy.
            Saya selalu sehat.
            S          P
            I am a student of great wealth.
            Saya laki-laki yang sangat sehat.
Dalam kalimat menyangkal.
Contoh: I am not happy.
            Saya tidak bahagia.
Dalam kalimat pertanyaan.
Contoh: Am I usually rough?
             Apakah biasanya saya kasar?
Dalam kalimat pertanyaan menyangkal
Contoh: Are not I/Aren’t I smart?*
            Bukankah saya pintar?

       * Bisa juga: Am I not smart?

            3)  Dengan pelengkap kata keterangan/frasa kata depan (adverb)

Dalam kalimat positif.
Contoh: I am here today.
             S               P
             Saya berada disini hari ini.
Dalam kalimat menyangkal
Contoh: I am not in front of the factory every sunday.
            Saya tidak berada di depan pabrik itu setiap minggu .
Dalam kalimat pertanyaan
Contoh: Am I always beside her?
            Apakah saya selalu di samping dia?
Dalam kalimat pertanyaan menyangkal
Contoh: Aren’t I behind you?
             Bukankah saya di belakang anda?

            4)  Dengan pelengkap kata kerja dasar (to infinitive)

                  Dalam kalimat positif
                  Contoh: I am to murder the dog.
                               Saya harus membunuh anjing itu.
                  Dalam kalimat menyangkal
Contoh: I am not to murder the dog.
             Saya tidak harus membunuh anjing itu.
Dalam kalimat pertanyaan
Contoh: Am I to go now?
             Apakah saya harus pergi sekarang?

      5)  Dengan pelengkap klausa (clause)
      
Dalam kalimat positif
Contoh: I am what he likes.
              Saya adalah apa yang dia suka.
Dalam kalimat menyangkal
Contoh: I am not what you mean.
              Saya bukanlah apa yang anda maksudkan.
Dalam kalimat pertanyaan
Contoh: Am I what he looks for?
             Apakah saya apa yang dia cari?

Tidak ada komentar: